Rabu, 23 Mei 2018

Rahasia dibalik ucapan “RAMADHAN KARIM”

Tak jarang orang mengatakan kalimat arab “Karim” dengan makna literal apa adanya. Kata Al-Karim termasuk salah satu nama yang dimiliki Allah SWT dan terkenal dengan sebutan Asmaul Husna. Al-Karim secara arti yaitu mulia, Karim juga memiliki arti lain yaitu pemaaf dan pemberi pertolongan. Di bangsa arab sebutan Karim sering kali digunakan bagi orang-orang yang memiliki budi pekerti yang luhur. Selain itu gelar Al-Karim juga untuk para dermawan yang hobi mendermakan hartanya kepada orang-orang yang tidak mampu. Pembahasan diatas mengaitkan dengan kata yang sering kali manusia ucapkan ketika menyambut bulan suci ramadhan yaitu kata “Ramadhan Karim” sebagai penghormatan atas datangnya bulan penuh keberkahan dan ampunan.
Bulan ramadhan dijuluki Karim karena bulan ini adalah bulan istimewa dan banyak anugerah Allah yang dikhususkan bagi umat Rasulullah SAW, berupa terbukanya pintu taubat dan ampunan serta digandakan nya pahala-pahala kebaikan, disamping rahasia agung yang tersimpan dalam Lailatul Qadr. Jika seseorang diberi kehormatan oleh orang lain denga ucapan ‘’Ramadhan Karim’’ maka hendaknya orang tersebut membalasnya denagan ucapan ‘’Allahu Akram’’ jawaban ini patut kita ucapkan agar kita menyadari bahwa Allah SWT adalah dzat yang maha pemurah lagi maha dermawan atas segala anugerah yang tak terhitung selama kita hidup di dunia ini.
Tradisi seluruh umat islam menyambut bulan yang penuh berkah adalah dengan saling memaafkan khususnya bagi santri yang keseharian nya selalu bersama-sama, mungkin saja ada salah dan khilaf yang disengaja atau tidak disengaja. Tidak ada kata terlambat untuk mengakui segala kesalahan dan meminta maaf kepada sesama muslim, dan tidak perlu menunggu orang lain meminta maaf terlebih dahulu. Awali semuanya dengan penuh rasa syukur, karena sampai saat ini kitamsemua masih bisa bertemu dengan Ramadhan Karim. Bulannya umatnya rasulullah SAW.

‘’Hati yang terluka mungkin masih membekas, semoga di bulan Ramadhan Karim ini dapat dimaafkan, selamat menunaikan ibadah puasa 1439 H😊.”

Ustzh Maula Haniya

Tidak ada komentar:
Write komentar