Rabu, 23 Mei 2018

“Perkembangan Zaman Pada Pola Pikir Santri”

Zaman semakin berkembang, teknologi pun semakin maju dan berkembang. Namun bahwa perkembangan zaman dan teknologi membuat semua santri sangat terpengaruh dalam perkembangan zaman tersebut. Pada saat ini banyak santri yang terlibat oleh perkembangan zaman yang tidak hanya dialami oleh golongan anak muda dan orang tua namun anak kecil saat ini sudah terpengaruh oleh perkembangan zaman dan tekhnologi. Banyak sekali dampak negatif yang di dapatkan dan pengaruh negatif bagi santri tidak hanya yang dewasa saja yang kecil pun juga terpengaruh. Sebagian besar orang menyalah gunakan perkembangan zaman dan teknologi yang ada seperti Youtube,  Facebook, Twitter, whatsapp, game online, Bbm dan masih banyak lainnya. Youtube yang seharusnya di gunakan sebagi media untuk melihat video, film ataupun untuk melihat berita teraktual namun disalahgunakan untuk menyaksikan video-video yang tidak bermakna. Seharusnya santri tidak mudah terpengaruh oleh perkembangan zaman dan teknologi, bukan teknologi yang menguasai diri ini namun diri ini yang harus menguasai tekhnologi dan harus pandai dalam memilih-milih perkembangan zaman, mana yang dapat diterima dan mana yang seharusnya tidak diterima.
1.      Perkembangan Zaman.
Perkembangan zaman adalah perubahan suatu zaman  yang semakin maju dan modern baik dari sisi teknologi maupun komunikasi yang selalu berubah secara  pesat dan mudah, zaman terus berkembang waktu terus berputar dan kondisi terus berubah-ubah.
1.      Menurut Amir Pradana perkembangan teknologi dizaman sekarang ini sangatlah canggih dan pesat, hal ini dapat di buktikan dengan banyaknya inovasi di masa ini, dengan yang sederhana maupun yang menghebohkan dunia. Teknologi sudah ada sejak zaman dahulu, yaitu pada zaman romawi kuno.
Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang yang semakin canggih dan mendunia perkembangan teknologi semakin maju, dahulu yang handphone hanya di gunkan untuk telepon dan sms untuk sekedar menanya kabar, tapi sekrang ini handphine tidak hany bisa telpon dan sms, akan tetapi pada zaman sekarang ini bisa juga menjadi sebuah komputer  yang canggih, bisa menjadi TV dengan juga adanya Smartphone.
1.      Menurut Afid burhanuddin perkembangan zaman modern ini sangat di nanti-nantikan oleh banyak pemikir manakala mereka mengingat zaman kuno ketika peradaban begitu bebas, pemikiran tidak di kekang oleh tekanan-tekanan  diluar dirinya, kondisi semalam itulah yang hendak di hidupkan kembali pada zaman modern. Kebebasan berpikir sebagai priode yang di lawankan yang di lawankan dengan priode abad pertengahan
2. Definisi Operasional
B.  Pola Pikir Santri.
Kita sering mendengar kata “PESANTREN” yang menurut para ahli adalah sebuah tempat perkumpulan para “SANTRI”,  atau secara segi bahasa pesantren sendiri merupakan kata sarapan dari santri itu sendiri dengan menambahkan tambahan pe-di awalnya dan-an di akhirnya, yang bisa di simpulkan asal katanya ialah pesantrian, sehingga bertransformatif menjadi pesantren.
1.     Menurut Siti Asiyah dampak positif, negatif dan contoh perkembangan manusia, pada era globalisasi dan informasi yang sedang berkembang banyak mempengaruhi sikap dan mental masyarakat, pastinya perkembangan teknologi informasi selain berdampak positif
B.   Pola pikir santri 
1. Menurut Nurcholish Madjid meyakini bahwa kata “SANTRI” berasal dari kata “CANTRIK” (bahasa sensekerta atau jawa), yang berarti orang yang mengikuti guru. Sedang versi yang lainnya menganggap kata “SANTRI” (manusia baik) dan kata tra (suka menolong) sehingga kata pesantren dapat berarti tempat pendidikan manusia baik-baik.
1. Menurut ZAMKHSYARI DHOFIER mengatakan bahwa kata santri mengandung beberapa pengertian, yaitu:   Orang shaleh, orang yang beribadah dengan  sungguh-sungguh.
.  Yaitu “CANTRIK” dalam bahasa jawa yang berarti (seseorang yang selalu mengikuti seseorang guru kemana guru itu pergi.

Ustdzh. Arfah Dwi Saputra

Tidak ada komentar:
Write komentar