Kamis, 01 Februari 2018

Pentingnya pemimpin bagi sebuah organisasi

                    
Pemimpin adalah faktor penting dalam kehidupan bermasyarakat, jika seorang pemimpin itu baik, jujur, cerdas dan amanah niscaya rakyatnya pun akan makmur. Namun jika seorang pemimpin itu lalai dan tidak bertanggung jawab niscaya rakyatnya akan sengsara dan negara pun pasti hancur.
Sama halnya dalam sebuah organisasi  sebut saja seperti Pamred (nama ketua dalam redaksi) jika ketua redaksi itu lalai dan tidak bertanggung jawab dalam memimpin anggotanya maka organisasi tersebut pasti hancur, karena dipimpin oleh ketua yang tidak amanah.
Pemimpin adalah orang yang selalu mengarahkan rakyatnya untuk melakukan hal yang baik dan benar. setiap pemimpin pasti mempunyai visi dan misi, mereka membangun visi dan misi yang inspiratif.
Dan sejarah islam telah membuktikan bertapa pentingnya seorang pemimpin itu, setelah wafat nya baginda Rosulullah SAW, para sahabat telah memberikan penekanan dan keutamaan dalam melantik pengganti beliau dalam memimpin umat islam, umat islam tidak seharusnya dibiarkan begitu saja tanpa pemimpin Sayyidina Umar R.A pernah berkata:tiada islam tanpa jamaah tiada jamaah tanpa kemepimpinan dan tiada kememimpinan tanpa Taat.”
seorang pemimpin mempunyai amanah dan tanggung jawab yang besar dalam membina rakyatnya.
Caoching and building adalah tanggung jawab dan aktifitas penting seorang pemimpin transformasi sebut saja seperti ISMAM(nama salah satu organisasi dalam Pp al-hidayah
al-mumtazah).                
Begitu berat dan sulit mereka mengemban amanah yang diberikan oleh pimpinan karena mereka telah bersumpah dibawah naungan al-quran dan syahadat.

                                  كلكم راع وكلكم مسؤول عن ررعىيته

Menajemen yang handal sehingga mampu mebingbing orang-orang berlaku efektif dan efisien, pemimpin ialah seseorang yang menggunakan wewenang formal untuk mengorganisasikan, mengarahkan, mengontrol para anggotanya yang malas dalam menjalankan tugasnya, agar semua bagian dikordinasikan demi mencapai tujuan bersama.

Tidak ada komentar:
Write komentar