Minggu, 26 Februari 2017

Memanjakan Sang Buah Hati

     

Kasih sayang dan perhatian orangtua terhadap buah hatinya memang semestinya. Tapi, terkadang perhatian yang berlebihan terhadap anak juga dapat berdampak kurang baik bagi perkembangan dan kemajuan fisik maupun lainnya.
Biasanya hal ini sering terjadi pada anak semata wayang yaitu anak satu-satunya
 -Orangtua biasanya memanjakan anak tunggal kerena menurutnya ialah satu
 satunya harapan orangtua.
 - anak yang dimanja memiliki hati yang mudah tersentuh juga cengeng sampai teman-temannya memanggilnya anak mama
-anak yang dimanja akan terdidik menjadi pribadi yang pesimis dan selamanya akan selalu bergantungan pada orangtuanya.”ingat yah sukses itu bukan karena mereka [orang tua ]. Tapi, karena diri kita sendiri.”dan “ yang kaya itu orangtua bukan kita”.
 -anak manja itu tidak memiliki rasa percaya diri untuk sukses dan selalu pesimis.
-Janganlah kamu gantung kehidupan kamu pada kedua orangtuamu “innal fata man yaquluha anadza walaisal fata man yaqulu kana abi “
     Cara didik orang tua yang memanjakan anaknya akan susah untuk menjadikan anaknya mandiri karna sudah terbiasa dimanja, jangan salahkan anak jika anak ingin selalu dituruti apa yang ia inginkan karna semua itu sebab kalian [ orang tua ] yang selalu memanjakannya dan memberikan kasih sayang yang berlebihan.
Sikap dan kelakuan anak itu tergantung bagaimana orang tua mendidiknya. Anak manja juga biasanya tidak mau sendirian dan selalu ingin bersama orang tuanya.susah jika anak sudah dimanja dia tidak akan bisa mandiri. Tapi. Jika orangtua menitipkan anaknya dipesantren dia bisa mandiri walaupun awalnya gak betah karna harus melakukan aktivitas dan kegiatannya sendiri.tapi, lama kelamaan dia akan bisa mandiri dan lebih dewasa lagi.
      Mendidik anak memanglah susah tapi, jika orang tua bisa ngertiin anak pastilah mudah, kata orangtua “enak jika anak dan orangtua saling mengerti “
 Orangtua yang kurang perduli itu bukan berarti tidak sayang mereka ingin anaknya bisa berfikir dewasa dan mandiri. ketika orang tua ingin anaknya ada dipesantren jangan berfikir kalau kita itu ingin dibuang sama orangtua tapi, karena mereka ingin kita bisa mandiri dan menjadi anak yang lebih baik lagi karena semua orangtua pasti ingin anaknya yang terbaik
- Menurut hesti anak manja itu tidak akan bisa mandiri selama hidupnya masih bergantungan pada orang tuanya Dan
 - menurut Ani anak manja itu sesuai dengan didikan orang tuanya jika orangtuanya tidak terlalu memanjakanya maka ia akan terlihat mandiri.

Oleh : Nida Amiratunnisa

Tidak ada komentar:
Write komentar